Sabtu, 22 Oktober 2016

INSTALATION ROUTEROS IN VIRTUALBOX

Tags

Assalamualaikum wrwb..

Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menginstall routeros di virtualbox.

1.PENGERTIAN

RouterOS adalah salahsatu sistem operasi dan perangkat lunak yang mampu membuat PC berbasis Intel/AMD mampu melakukan fungsi Router, Bridge, Firewall,Bandwidth Management, Wireless AP & Client dan masih banyak fungsi lainnya RouterOS dapat melakukan hampir semua fungsi networking dan juga beberapa fungsi server.

2.LATARBELAKANG

Untuk penggunaan mikrotik dalam skala yang tidak sebentar maka diperlukan router dengan kemampuan yang mumpuni nah salah satu solusi yang bisa kita coba adalah dengan membuat PC kita menjadi router,dengan beberapa alasan:

1.Mempunyai kapasitas penyimpanan yang bisa sesuaikan dengan kebutuhan karena kita hanya perlu mengganti hardisk dari PC router kita.
2.Mempunyai sumber daya yang baik karena menggunakan powersupply,.
3.Dapat memfungsikan salah satu fungsi proxy yaitu caching karena mempunyai hardisk yang kapasitas-nya memadai DLL.

3.ALAT DAN BAHAN

- Iso RouterOS bisa didownload disini.
- PC dengan spesifikasi sesuai kebutuhan anda.
- kabel straight.

4.MAKSUD DAN TUJUAN

Untuk memaksimalkan fungsi dari router agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan karena memiliki spesifikasi yang bisa kita sesuaikan.

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dikerjakan dalam waktu 5-10 menit tergantung pemahaman masing-masing.

6.TAHAP PELAKSANAAN

1.Silahkan masuk ke virtualbox anda dan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

2.klik New  name Mikrotik, type dan version bisa diisi other. Kemudian klik next  alokasi memory dan hardisk bisa disesuaikan kebutuhan, atau dapat klik next sampai selesai untuk settingan default.



3.Klik menu Settings ---> Storage --> Pada Controller: IDE pilih Empty kemudian masukan RouterOS Mikrotik yang telah di download.


4. Masih di menu Settings --> Network > ubah menjadi Host-only Adapter --> OK.


5.Setelah itu silahkan klik START.


6. Setelah masuk, terdapat beberapa services yang dapat kita install di Virtualbox. Jika ingin install semua service tekan 'a' untuk select all, kemudian tekan 'i' untuk install.Maka akan ada pertanyaan silahkan tekan Y lalu enter saja.


7.Lalu proses install akan berjalan.

 8.Tunggu sampai proses instalasi selesai.
 Sebelum reboot pastikan hilangkan checklist pada mikrotik-6.33.iso. Klik kanan pada icon disk pada virtualbox. Setelah itu enter untuk reboot.


 9.setelah reboot akan muncul login RouterOS Mikrotik. Login menggunakan user admin, password [dikosongkan] lalu tekan enter.

7.HASIL DAN KESIMPULAN

Tujuan menggunakan mikrotik di virtualbox ini adalah semata-mata untuk pembelajaran. Tidak diperbolehkan untuk tujuan komersial, karena RouterOS Mikrotik memiliki lisensi yang akan kita dapatkan ketika membeli perangkat aslinya.

Disini kita dapat menggunakan Mikrotik di Virtualbox sebatas free trial selama kurang lebih 23 jam aktif penggunaan.

TERIMAKASIH
SEMOGA BERMANFAAT




EmoticonEmoticon