Kamis, 13 Oktober 2016

MANAGEMENT BANDWIDTH USER HOTPSOT YANG BYPASS (IP BINDING)

Tags

Assalamualakum wrwb..

Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana memanagement bandwidth user hotspot yang di-Bypass.

1.PENGERTIAN

IP Bindings adalah salah satu fitur mikrotik yang digunakan agar IP atau Mac Address yang kita daftarkan tidak perlu login dengan username dan password saat ingin mengakses internet.
Setelah User di bypass, berarti user tersebut sudah tidak bisa kita lakukan pembatasan bandwidth menggunakan User Profile.  Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa melakukan beberapa cara tergantung IP binding yang kita lakukan. 

2.LATAR BELAKANG

Fitur IP Bindings ini memang salah satu hal yang diperlukan seperti untuk para atasan agar tidak perlu repot untuk selalu login.Nah kita selaku admin juga harus tetap memperhatikan Bandwidth walaupun yang kita Bypass agar tidak seenaknya dalam penggunaan Bandwidth agar akses internet yang lain tetap berjalan lancar.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Memanagement Bandwidth walaupun yang kita bypass agar tidak seenaknya agar akses internet yang lain tetap berjalan lancar.

4.ALAT DAN BAHAN

- Mikrotik
- Laptop
- software winbox

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dikerjakan dalam 5-10 menit dalam tahap pemahaman.

6.TAHAP PELAKSANAAN

1.Pertama kita binding Mac Address atau Network dari interface yang ingin kita binding.


2.untuk dapat melakukan management user yang di-bypass kita harus menandai terlebih dahulu paket yang lewat router dengan mac address atau network tersebut. Kita bisa menggunakan fitur Mangle. Pertama kita  membuat mark-conection terlebih dahulu :

IP --> Firewall ---> Mangle -->Add


Langkah berikutnya membuat Mark Packet berdasarkan mac-connection yang sudah dibuat sebelumnya, melalui menu:

IP >> Firewall >> Mangle >>Add 

 
3.Terakhir, baru bisa kita buat management bandwidth menggunakan simple Queue berdasarkan mark-packet yang sudah dibuat pada mangle. Jangan lupa, pada parameter "Target" silahkan isi dengan segmen jaringan hotspot Anda. 


Dan ini hasilnya


7.HASIL DAN KESIMPULAN

Hasilnya meskipun IP atau Mac Address sudah dibinding kita tetap bisa memanagement penggunaan Bandwidth sehingga hasilnya kita dapat memenuhi tujuan kita diawal.

8.REFERENSI

- http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=183

TERIMAKASIH
TELAH BERKUNJUNG
SEMOGA BERMANFAAT


EmoticonEmoticon