Senin, 10 Oktober 2016

MEMBUAT VAP(VIRTUAL ACCESS POINT) DI MIKROTIK

Tags

Assalamualaikum wrwb..

1.PENGERTIAN


Virtual Access Point (VAP) pada Mikrotik adalah interface virtual yang dapat digunakan untuk membuat beberapa Access Point dari satu interface Wireless fisik. Jadi hanya dengan satu interface Wireless fisik saja kita dapat membuat banyak Access Point dengan SSID, IP address, dan MAC Address yang berbeda tiap AP nya. 
VAP pada mikrotik juga dapat menggunakan DHCP Server pada masing VAP nya. Selain itu kita juga bisa mengatur firewall pada interface VAP ini. Fitur tersebut sama seperti pada Virtual LAN (VLAN) pada jaringan kabel. 
Contoh penggunaan Virtual Access Point Mikrotik misalnya ketika kita hendak membuat dua buah hotspot pada kantor atau sekolah kita, dimana satu hotspot digunakan sebagai hotspot khusus karyawan atau guru, sedangkan satunya khusus untuk tamu kantor atau untuk siswa. Anda dapat membuat hal tersebut hanya dengan sebuah Mikrotik yang memiliki satu interface wireless fisik. Tentu saja dengan memanfaatkan fitur VAP ini.

2.LATAR BELAKANG

Dengan banyaknya kebutuhan akan akses internet baik di perusahaan atau instansi lainnya kita bisa meminimalisir kebutuhan akan jumlah pemakaian  mikrotik untuk membuat banyak hotspot,maka ini adalah salah satu solusi yang bisa anda coba.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

- Membuat hotpsot lebih dari 1 menggunakan 1 buah mikrotik
- Agar mengurangi lalu lintas data dan pemakaian bandwidth karena sudah menggunakan IP yang berbeda.
- Untuk nanti membedakan antara hotspot mana yang musti dipakai antara karyawan dan tamu atau guru dengan murid.Karena kebutuhan konsumsi internet kedua golongan tersebut berbeda.

4.ALAT DAN BAHAN

1. 1 buah Laptop
2. 1 buah mikrotik
3. 2 buah kabel straight
4. koneksi internet

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dikerjakan dengan waktu 20-30 menit dalam tahap belajar dan untuk memahami maksud dan konsep kerjanya.

6.TAHAP PELAKSANAAN

1.Buka mikrotik anda dan pastikan anda sudah membuat hotspot dan berjalan dengan baik pada mikrotik anda.Pilih menu:

Wireless --> Interfaces --> Add (+) --> Virtual AP


2.Pada Tab General anda dapat merubah nama VAP dan MAC Address nya


3.Sedangkan pada tab Wireless, anda dapat merubah nama SSID (Service Set Identifier) nya. 
  Master interface adalah interface wireless fisik yang dimiliki oleh Mikrotik tersebut. jika Mikrotik hanya punya satu interface Wlan, maka Master interface nya hanya satu.
VAP ini juga dapat diberikan Security Profile yang berbeda dari master interface nya. Silakan anda buat Security profile nya dan pasangkan pada VAP yang diinginkan. 


Ini hasilya akn terlihat VAP-nya akan menempel pada inetrface fisiknya.


 5.Lalu silahkan beri IP untuk VAP anda



 6.Lalu silahkan anda konfigurasi Hotspot setup seperti biasa dengan menggunakan interface virtual yang anda buat tadi.

<Jika anda lupa atau belum tau konfigurasi hotspot silahkan baca dahulu konfigurasi hotspot.


 7.Selanjutnya anda cek apakah sudah muncul atau belum hotspot virtual yang anda buat,jika belum coba disable wirelessnya dan enable lagi.


 7.HASIL DAN KESIMPULAN

Hasilnya dalam satu buah interface fisik mikrotik,saya dapat membuat dua buah hingga lebih Virtual Access point/mikrotik  dan semuanya pun bisa digunakan selayaknya hotspot pada biasanya.Tapi perhatian untuk teman-teman semua jika kita membuat VAP ini kita tidak bisa mengatur frekuensi yang digunakan, karena frekuensi dan pengaturan Band, channel width, mode nya mengikuti Master Interfacenya.Jadi menurut saya nanti akan berefek pada kecepatan akses internet  karena ada dua buah hotspot yang menggunakan frekuensi yang sama.

Jika ada yang kurang jelas silahkan tulis pertanyaan anda di komentar.

8.REFERENSI

- https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2013/09/virtual-access-point-mikrotik.html

TERIMAKASIH
TELAH BERKUNJUNG
SEMOGA BERMANFAAT





EmoticonEmoticon