Rabu, 12 Oktober 2016

KONFIGURASI VPN PPTP PADA MIKROTIK

Tags

Assalamualaikum wrwb..

Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana konfigurasi VPN server pada mikrotik.

1.PENGERTIAN

VPN (Virtual Privat Network) yaitu sebuah koneksi private yang melalui jaringan publik (dalam hal ini internet). Disini ada 2 kata yang dapat kita garis bawahi yaitu:
  • virtual network, yang berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual. Tidak ada koneksi jaringan secara riil antara 2 titik yang akan berhubungan.
  • private, jaringan yang terbentuk bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik.
Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi. 
 
Beberapa keuntungan dari teknologi VPN diantaranya adalah:
  • Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet
  • Keamanan, dengan koneksi VPN kita bisa berselancar dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet cafe.
  • Menghemat biaya setup jaringan, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
  • dan lain2 yang saya belum mengerti
Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya, beberapa kekurangan dari VPN diantaranya adalah:
  • Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya "nebeng" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  • Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.
  • dan lain2 yang saya belum mengerti
 2.LATARBELAKANG
 
Dengan semakin majunya teknologi yang ada sekarang kita sebenarnya sudah sangat dimudahkan dalam segala hal terkhusus didunia jaringan,Nah salah satunya adalah teknologi VPN ini yang bisa anda coba.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Selain keuntungan VPN diatas Dengan adanya teknologi VPN ini sangat memungkinkan kita untuk bisa meremote server kita meski kita berada sangat jauh atau tidak berada di ruang server langsung.Sehingga nantinya kita bisa melakukan konfigurasi server dimanapun kita berada dan bisa memperbaiki server kita jika terjadi masalah dimanapun kita berada.Tentunya dengan memanfaatkan IP publik.

4.ALAT DAN BAHAN

- Laptop
- mikrotik
- kabel straight
- koneksi internet

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dikerjakan selama 30 menit hingga 1 jam dalam tahap belajar dan pemahaman konsep kerja.

6.TAHAP PELAKSANAAN

1.Silahkan anda konfigurasi mikrotik anda agar bisa terkoneksi dengan baik dan bila perlu silahkan buat hotspot pada mikrotik anda.Jika anda masih menemui kendala untuk konfigurasi dasar mikrotik silahkan buka Disini.

2.Setelah selesai langsung kita mulai untuk konfigurasi VPN server-nya.Silahkan masuk ke mikrotik anda via winbox,dan buka menu:

IP --> pool --> Add (+) "Silahkan isi range IP yang bisa digunakan Client untuk connect ke VPN nanti. (Setelah selesai klik Applay-OK)."


 2.Selanjutnya beralih ke menu:

PPP --> Add (+) "tidak usah konfigurasi apa-apa langsung klik Applay-OK"


3.Masih dimenu PPP dibagian profiles,Silahkan buat profile dan dibagian local address isi IP dari sumber internet anda (bisa dari PPPoE Client atau pun DHCP) Sedangkan dibagian remote address isikan range IP uag kita buat di IP pool tadi.
 


4.Selanjutnya silahkan buat username dan password untuk client yang akan connect ke VPN kita nanti.Untuk bagian service pilih pptp dan profile isikan Profile yang baru kita buat tadi.


 5.Selanjutnya beralih kebagian PPTP SERVER  dan centang Enable serta centang semua Authentication.(setelah itu klik Applay-OK).



6.Selanjutnya silahkan buat koneksi pada laptop anda,Caranya:Silahkan ke Icon wireless di dekstop anda karena saya menggunakan Linuxmint 17.3 maka silahkan klik kanan --> Edit connection --> Add.



7.Lalu pilih  tipe koneksi-nya PPTP (Point To Point Tunneling Protocol)
 

 8.Lalu silahkan isi Gateway-nya dengan IP dari sumber internet anda dan isi juga User name dan Password yang anda buat tadi di Bagian PPP(secret).


9.Selanjutnya untuk menguji apakah konfigurasi kita berhasil,Silahkan anda connect ke hotspot lain lalu anda connect ke VPN yang anda buat tadi.



10.Biasanya ada pesan yang muncul jika berhasil connect dan bisa anda lihat juga jika kita sudah connect ke VPN-nya.



 11.Untuk mencoba apakah konfigurasi kita benar-benar berhasil silahkan buka mikrotik kamu anda namun tetap connect ke wifi lain.Silahkan buka winbox dan masukan gateway,serta username dan password dari mikrotik anda.


12.Dan setelah berhasil masuk maka coba anda lihat IP Address maka VPN kita akan terlihat disana.


7.HASIL DAN KESIMPULAN

Hasilnya walaupun saya terconnect ke wifi lain saya tetap bisa mengakses mikrotik dan server saya karena seolah-olah saya berada pada jaringan lokal di mikrotik saya.Dan dengan ini sungguh sebenarnya kita sudah bisa melakukan pekerjaan sebagai admin dari rumah saja ataupun dimana saja.

8.REFERENSI

- https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2014/07/apa-itu-vpn-mengenal-prinsip-cara-kerja-vpn.html

TERIMAKASIH
TELAH BERKUNJUNG 
SEMOGA BERMANFAAT

2 komentar

kunjungi http://www.sigernetwork.net/2016/11/cara-konfigurasi-vpn-pptp-pada-mikrotik.html

kunjungi http://www.sigernetwork.net/2016/11/cara-konfigurasi-vpn-pptp-pada-mikrotik.html


EmoticonEmoticon