Minggu, 04 September 2016

MENAMBAH PILIHAN BAHASA PADA MOODLE (PART 3)

Tags

Assalamualaikum wrwb

Hay kawan kali ini saya akan berbagis sedikit tentang bagaimana cara menambah pilihan bahasa pada moodle.

1.PENGERTIAN

MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning.Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU.Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

Intinya moodle ini banyak digunakan untuk pembelajaran biasanya digunakan di instansi-instansi pendidikan dari sekolah menangah pertama hingga universitas.
pembelajaran berbasis web ini meskipun kebanyakan dibuat di localhost dan hanya diperuntukkan di suatu instansi saja.Namun tidak sedikit juga yang membuat moodle  ini online agar bisa diakses oleh semua orang.

2.LATAR BELAKANG

Mungkin dengan banyaknya para pemula yang ingin belajar moodle dan mungkin memiliki kendala dalam bahasa inggris.maka kali ini saya akan berbagi bagaimaa menambah pilihan bahasa di moodle.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Untuk memudahkan para admin moodle pemula yang memiliki kendala dalam bahasa inggris.

4.ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-CMS MOODLE

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dilakukan 10-20 menit dalam tahap belajar.

6.TAHAPAN PELAKSANAAN


1.Login ke CMS moodle anda


2.lalu pilih site administration -> language -> language packs
 

3. Lalu silahkan pilih bahasa yang ingin kita tambahkan dan setelah selesai klik

Install selected language pack(s).


4.Selanjutnya kembalike dashboard anda dan lihat dipojok kiri atas ada pilihan bahasa silahkan pilih bahasa yang kita inginkan sesuai yang kita tambahkan.


5.Dan ini lah contoh tampilan yang sudah kita rubah bahasanya.


7.HASIL

Saya berhasil menambah bahasa dan dapat digunakan sesuai keperluan kita.

8.KESIMPULAN

Memang terkadang didalam belajar ada sesuatu yang menghambat seperti bahasa padahal sebenarnya itu bukanlah penghambat namun adalah pembiasaan.sepeti bahasa inggris mungkin ada para pemula yang tidak suka namun itu adalah proses agar kita terbiasa,dan ini saya bag kan mungkin siapa  tau diantara kawan-kawan semua masih menemui kendala dalam bahasa inggris.

9.REFERENSI

-Ebook TKJ

TERIMAKASIH
TELAH BERKUNJUNG


EmoticonEmoticon