Kamis, 01 September 2016

INSTALASI LAMP PADA LINUX MINT 17.3 MATE

Tags

Assalamualaikum wrwb..

Kali ini saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana instal LAMP pada linux mint 17.3 mate.

1.PENGERTIAN


 
 LAMP merupakan kependekan dari Linux Apache MySQL PHP, biasanya developer (pengendali) aplikasi berbasis web dengan PHP mengunakannya untuk mendevelope sistem informasi yang berbasis web atau biasa disebut Web Application.

1.Linux
Adalah sistem operasi Linux menyediakan platform untuk operasi yang aman dan terpercaya dari server web. Akses ke sistem file diatur oleh hak akses file dan ditegakkan oleh sistem operasi. Sistem operasi juga menyediakan interface untuk jaringan dan melaksanakan proses keamanan dan user

2.Apache
  Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini mengunakan HTTP.


3.MySQL
database MySQL digunakan untuk menyimpan informasi konten dan konfigurasi. Hal ini possibel untuk membangun situs mana isinya storage dalam file teks datar, namun penggunaan databses relasional seperti MySQL memberikan fleksibilitas yang lebih besar. Interaksi antara webserver Apache dan database MySQL ditangani oleh PHP.

4.PHP
PHP merupakan singkatan dari ” Hypertext Preprocessor” atau (Personal Home Page), PHP adalah sebuah bahasa scripting atau sering disebut bahasa pemrograman yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintak-nya  mirip dengan bahasa pemrograman,ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik dan mudah dimengerti.

2.LATAR BELAKANG
Untuk memenuhi fungsi dari server maka dibutuhkan LAMP diatas karena server yang kita buat aka melayani melalui web browser dan akan berperan sebagai web server.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk membuat konfigurasi dasar agar nanti server yang dibuat dapat digunakan untuk melayani melalui web browser.

4.ALAT DAN BAHAN
-PC/Laptop
-koneksi internet yang baik.


5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN
 Dapat dikerjakan selama 5-6 jam dalam tahap belajar dan memahami maksud dan fungsinya.

6.TAHAP PELAKSANAAN
 
A.INSTALASI LINUX

1.-siapkan Bootable LINUX mint 17.3
   -pastikan laptop kita mempunyai tenaga atau lebih baik sambil di charge. 
   -hubungkan flashdisk dengan laptop dan restart laptop kita.hingga muncul tampilan seperti berikut.


2.Selanjutnya pilih bahasa dan klk continue.
 

3.Kemudian kita akan memilih apa kah kita akan kita connect ke internet atau tidak.jika iya maka klik tanda connect to this network.lalu pilih continue. 

4.Selanjutnya akan ditampilkan ukuran minimum untuk ruang file sistem dari linuxnya. lalu plih continue.


5.Lalu kita pilih something  else agar kita dapat membagi partisi kita sendiri.



6.Lalu kita masuk tahap pembagian partisi dan kita buat file system(ext4),virtualisasi RAM (SWAP) dan penyimpanan file kita sendiri.
setelah selesai klik Install Now.


7.kemudian kita akan memilih jenis keyboard lalu klik continue.


8.Selanjutnya kita buat user name untuk login nanti dan passwordnya.
lalu pilih continue.


9.lalu penginstalan akan dimulai dan tunggu hingga selesai.


10.Setelah selesai akan tampil seperti berikut dan langsung klik Restart Now.
setelah laptop mulai restart langsung lepas flashdisk yang tersambung ke laptop kita.
 


11.setelah selesai baca kembali (hal-hal yang harus dilakukan setelah menginstall linux).

 B.INSTALASI APACHE2,MARIADB,PHPMY ADMIN.

1.  Pertama buka terminal pada laptop kita dan pastikan kita terkoneksi dengan baik dengan internet. untuk membuka terminal bisa dilakukan dengan menekan secara bersamaan  (CTRL+ALT+T).kemudian masuk sebagai Root.

2.ketikkan perintah apt-get update dan pastikan laptop kita bisa di update.


3.kita install apache2 dengan perintah

-apt-get install apache2


4.selanjutnya kia cek ke browser masukan pada url ketikkan perintah localhost pada url kita,,tampilannya akan seperti ini.


5.setelah itu ketikkan perintah pada terminal untuk mengecek  apakah directoy pada file system kita sudah ada folder www pada directory var.

-cd /var/www/html

-ls



6. selanjutnya kita install php,nah pada linux mint 17.3 mate ini jenis php yang 
 digunakan adalah php5,sedangkan jika kita menggunakan linux mint 18,maka php yang kita gunakan adalah php7.ketikkan perintah berikut pada terminal.

-apt-get install php5 php5-mysql- php5 -mcrypt php5-gd libapache-mod-php5 php5-cli php5-curl php5-xmlrpc php5-imagick php5-intl


7.lalu kita install mysql namun kali ini saya menggunakan mariadb dan anda tidak perlu khawatir karena mariadb adalah penggganti dari mysql.perbedaannya hanya pada mariadb terdapat beberapa perbaikan
dengan beberapa tambahan perbaikan bug, mesin penyimpanan tambahan, fitur baru, dan perbaikan kinerja.

-apt get install mariadb-client mariadb-server (pengganti mysql)

  8.Setelah itu akan muncul pertanyaan untuk password pada maridb dan masukan password nya dua kali.Jangan lupa tekan OK.


Set MariaDB Password
Confirm MariaDB Password
 


9.selanjutnya kita ketkkan pada terminal perintah berikut,untuk mengamankan database kita.dan jika ada pertanyaan (Y/n) bisa kita tekan ENTER saja.

-mysql-secure-installation






10.Setelah itu kita install php myadmin ini salah satu fungsinya adalah untuk  membuat database dari aplikasi-apikasi yang akan kita install nanti.dan unutk pertanyaan (Y/n) silahkan tekan (y) -> ENTER.

-apt-get install phpmyadmin
 

11.Selanjutnya akan tampil sepert berikut silahkan tandai pada kotak apache2 dengan cara menekan enter lalu kemudian OK.

 

12.untuk bagian ini kita pilih yes -> enter.


13.selanjutnya kita tes dan ketikkaan localhost/phpmyadmin pada url browser kita.maka akan tampil seperti berikut dan silahkan masukan username dan assword yang kita buat tadi.




7.HASIL
 Dengan mengetahui cara instal ini saya dapat mengembangkanya kembali seperti menginstall aplikasi berbasis web yang juga bisa berbasis mobile seperti owncloud,moodle, dll.

8.KESIMPULAN
Meskipun ini tidak langsung pada server asli tapi langkah-langkah instalasinya sama seperti aslinya.Dan dengan selesainya kita menginstall LAMP diatas kita dapat mengembangkannya kembali dan dapat membuat aplikasi sehingga nantinya dapat menumbuhkan kreatif dari pribadi masing-masing dan menjadi modal untuk nanti kita memulai kehidupan kerja.

9.REFERENSI
- https://images.search.yahoo.co/yhs/search;_ylt=AwrTcXcJL8hXak8AuMg2nIlQ;_ylu=X3oDMTBsZ29xY3ZzBHNlYwNzZWFyY2gEc2xrA2J1dHRvbg--;_ylc=X1MDMTM1MTE5NTcwMgRfcgMyBGJjawMybGM1azF0YnNjYjBlJTI2YiUzRDMlMjZzJTNEMWkEZnIDeWhzLWRkYy1saW51eG1pbnQEZ3ByaWQDMjU5RTVrUFZRak9IdWZSZUtwZVVfQQRtdGVzdGlkA251bGwEbl9zdWdnAzEwBG9yaWdpbgNpbWFnZXMuc2VhcmNoLnlhaG9vLmNvbQRwb3MDMARwcXN0cgMEcHFzdHJsAwRxc3RybAM1BHF1ZXJ5A2xpbnV4BHRfc3RtcAMxNDcyNzM3MjU1BHZ0ZXN0aWQDbnVsbA--?gprid=259E5kPVQjOHufReKpeU_A&pvid=kXfgizIwNi4qsLQPV8YsDguZMjAzLgAAAABPuCdD&p=linux&fr=yhs-ddc-linuxmint&fr2=sb-top-images.search.yahoo.com&ei=UTF-8&n=60&x=wrt&type=__alt__ddc_linuxmint_com&hsimp=yhs-linuxmint&hspart=ddc#id=110&iurl=https%3A%2F%2Fiamjayakumars.files.wordpress.com%2F2012%2F12%2Flinux1.gif%3Fw%3D294&action=click
- http://www.tecmint.com/install-apache-mariadb-php-phpmyadmin-in-ubuntu-14-10/


TERIMAKASIH
TELAH BERKUNJUNG


EmoticonEmoticon