Kamis, 22 September 2016

CREAT VIRTUAL MACHINE (VM) IN PROXMOX

Tags

 Assalamualaikum wrwb

Kali ini saya akan berbagi bagaimana membuatVirtual machine di proxmox.

1.PENGERTIAN

Virtual machine monitor (VMM) atau hypervisor merupakan bagian dari perangkat lunak yang membuat/mensimulasikan virtual machine. Hypervisor merupakan istilah industri untuk menjelaskan tentang VMM. Abstraksi mesin yang dibuat oleh VMM disebut virtual machine (VM).
VMM membuat platform virtual sehingga sistem operasi dapat berjalan di atasnya. VMM juga berperan sebagai manajer untuk menjalankan sistem operasi yang berjalan di atasnya. VMM merupakan teknik yang berguna dalam menambah fungsionalitas dibawah layer OS dan layer aplikasi. Sebagai manajer VM, VMM turut mengatur eksekusi yang berjalan di sistem operasi yang disimulasikannya. Abstraksi VMM disebut dengan virtual machine (VM). Perangkat keras yang di simulasikan dapat di atur sehingga mempunyai spesifikasi yang identik dengan perangkat keras dimana VMM diimplementasikan.VMM juga dapat meng-enkapsulasi suatu aplikasi yang berjalan di atasnya sehingga memudahkan manajemen dan kontrol terhadap sistem komputer.
Dengan adanya VMM maka Virtual machine yang diimplementasikan pada sistem komputer dapat membuat abstraksi dari layer yang ada di bawahnya sehingga dapat membuat/mensimulasikan layer aplikasi dari suatu sistem komputer yang di inginkan.

Atau secara simple-nya virtual machine pada proxmox hampir sama fungsinya dengan virtual box namun kelebihan-nya adalah disini apapun  yang kita install dapat benar-benar mampu dioperasikan atau dengan kata lain benar-benar untuk di ekskusi dalam suatu pekerjaan. Dan itu berbeda dengan virtual box atau VMware workstation yanng sering kita kenal yang fungsinya biasanya hanya untuk pembelajaran.

2.LATARBELAKANG
 
Karena keterbatasan jumlah perangkat ini menjadi salah satu solusi yaitu dengan membuat beberapa VM sehingga dapat digunakan bersama-sama sesuai spesifikasi server kita.Selain itu ini juga dapat mempercepat pekerjaan karena bisa mengerjakan suatu target oleh beberapa orang melalui VM yang dibuat.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Agar dengan satu buah server dapat digunakan atau dimaksimalkan bersama-sama,namun tetap memperhatikan spesifikasi dari server kita.

4.ALAT DAN BAHAN

- 1 buah laptop
- OS Proxmox yang sudah di install.
- koneksi internet
- 1 buah mikrotik (jika menggunkan  Vlan untuk interface VM nya)

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dilakukan dengan waktu 10-20 menit dalam tahap belajar dan pemahaman konsep.

6.TAHAP PENGERJAAN

1.Buat Vlan ID di mikrotik sebagai interface untuk VM nya.

2.Remote proxmox kita melalui web browser di laptop dengan mengetikkan IP proxmox -nya.lalu pada pojok sebelah kanan,klik CREATE VM.


3.Selanjutnya pada tab general silahkan isi name-nya dan karena disini saya menggunakan Vlan untuk interface VM nya maka silahkan isi VM ID sesuai yang sudah dibuat di mikrotik.(next)


4.Pada tab OS nya pilih seperti Linux 4.x/3.x/2.6 kernel (next)


5.Lalu di tab CD/DVD masukan ISO yang akan kita install..(next)


6.Disini kita tentukan ukuran Hardisk-yang akan kita gunakan  untuk penginstalan OS diatas.Lebih besar lebih baik namun tidak melebihi ukuran hardisk yang ada.(next)



7.Lalu pilih core,ini sesuai dengan spesifikasi prosesor kita menggunakan corei berapa.(next)


8.Selanjutnya kita tentukan Ukuran RAM nya ini mempengaruhi kecepatan untuk pengoperasian debiannya nanti.Jadi lebih besar lebih baik.sesuai kapasitas RAM yang ada.(next)


9.Nah di tab network ini VLAN Tag sesuai yang dibuat di mikrotik.(next)


10.Lalu terakhir pastikan settingannya sudah benar lalu klik finish.


11.Nah ini lah hasil nya.


12.Untuk memulai penginstalan silahkan klik start -> console



7.HASIL

Saya dapat membuat VM diproxmox dan dan siap digunakan.Saya sendiri sudah mencoba menggunakan dengan menginstall debian server di VM yang saya buat.

8.KESIMPULAN

Dengan kemajuan teknologi jaman sekarang maka ini adalah salah satu contoh nya yaitu kita dapat menginstall sebuah debian server didalam sebuah VM.Sangat berbeda dengan dijaman-jaman sebelum adanya kemajuan ini.Jadi kita sebagai bagian dalam kemajuan teknologi ini harus selalu meng-upgrade ilmu atau pengetahuan agar dapat mengikuti perkembangan jaman.

9.REFERENSI

-https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_virtual

TERIMAKASIH 
TELAH BERKUNJUNG 
SEMOGA BERMANFAAT




EmoticonEmoticon