Minggu, 04 September 2016

MENAMBAH USER PADA MOODLE (PART 4)

Tags

Assalamualaikm wrwb..

Hay kawann kali ini saya akan berbagis edikit tentang bagaimana cara menambahkan user pada moodle.

1.PENGERTIAN

MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning.Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU.Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

Intinya moodle ini banyak digunakan untuk pembelajaran biasanya digunakan di instansi-instansi pendidikan dari sekolah menangah pertama hingga universitas.
pembelajaran berbasis web ini meskipun kebanyakan dibuat di localhost dan hanya diperuntukkan di suatu instansi saja.Namun tidak sedikit juga yang membuat moodle  ini online agar bisa diakses oleh semua orang.

2.LATAR BELAKANG

Dengan dibuatnya CMS moodle kita tentu tujuannya adalah untuk berbagi pada yang lain nah kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menambah user pada moodle kita.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Agar moodle yang kita buat dapat bermanfaat bagi yang lain dan dapat digunakan nanti seperti untuk menambahkan user untuk peserta ujian online.

4.ALAT DAN BAHAN

-Laptop
-CMS MOODLE

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dilakukan 10-20 menit dalam tahap belajar.

6.TAHAPAN PELAKSANAAN


1.Login ke CMS moodle anda



2.Lalu pilih site administration -> users -> Accounts -> Add a new user


3.Lalu silahkan isi profil user yang ingin kita tambahkan,dan jangan sampai lupa username dan password nya.Ada beberapa pertanyaan yang harus diisi yaitu yang ditandai dengaN *.Dan untuk memudahkan baik sisi user atau admin sebaiknya untuk pembuatan  password  kita ubah terlebih dahulu (baca blog saya "Merubah password login moodle tanpa harus mengikuti peraturan default").Dan setelah semua selesai di isi maka klik CREAT USER.



 4.Dan maka user pun akan bertambah.Dan untuk melihat daftar user nya pilih
 site administration -> users -> Accounts -> browse list of user.
 
  
7.HASIL

Saya berhasil menambah user dan ini dapat menjadi modal tambahan bagi saya yang dapat diguakan nanti saat memasuki dunia kerja ataupun membuat E-learning disekolah.

8.KESIMPULAN

Semua yang kita lakukan umumnya agar dapat bermanfaat untuk yang lain dan nanti dapat digunakan untuk keperluan bersama.

9.REFERENSI

-EBOOK TKJ

TERIMAKASIH 
TELAH BERKUNJUNG

















EmoticonEmoticon