Kamis, 22 September 2016

PERSIAPAN MEMBANGUN SERVER UNTUK SEKOLAH MENGGUNAKAN DEBIAN 8.5

Tags

Assalamualaikum wrwb..

Kali ini saya akan berbagi tentang apa saja persiapan minimal saat kita akan  membangun sebuah server dan khususnya kali ini untuk disekolah.

1.PENGERTIAN

Server adalah sebuah program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsi untuk program atau perangkat lain, yang disebut "klien". Arsitektur ini disebut model client-server, dan perhitungan keseluruhan tunggal didistribusikan di beberapa proses atau perangkat. Server dapat memberikan berbagai fungsi, sering disebut "layanan", seperti berbagi data atau sumber daya di antara beberapa klien, atau melakukan perhitungan untuk klien. Sebuah server tunggal dapat melayani beberapa klien, dan klien tunggal dapat menggunakan beberapa server. Sebuah proses klien dapat berjalan pada perangkat yang sama atau mungkin terhubung melalui jaringan ke server pada perangkat yang berbeda. Server khas adalah database server, file server, mail server, server cetak, server web, server game, dan aplikasi server.

Intinya server digunakan untuk melayani para client baik itu melalui web browser,Oleh karena itu sering kita kenal dengan web server.Kita juga bisa membuat website untuk sekolah,ataupun untuk server pembelajaran elektronik (e-learning) dan masih banyak lagi fungsinya.Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini.

2.LATAR BELAKANG 

Untuk membangun server baik itu digunakan pada instansi pendidikan atau pun di perusahaan butuh persiapan dan dan perencanaan yang benar-benar matang sehingga nanti tidak menemui banyak kendala,dan sebagai seorang IT yang profesional maka kita harus selalu memegang erat Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam bekerja serta yang tak kalah penting adalah kita harus me-manajemen proyek pekerjaan kita,Untuk lebih jelas tentang manajemen proyek silahkan klik disini.

3.MAKSUD DAN TUJUAN 

Agar tidak menemui kendala atau kesalahan saat mulai mengerjakan sebuah proyek kerja dan nantinya dapat melakukan antisipasi apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan.

4.ALAT DAN BAHAN

1.Sebuah server dengan spesifikasi minimal:

- Processor Pentium 4, dan harus memiliki kemampuan 64 bit
- Jika akan menggunakan model full virtualization CPU harus memiliki model
motherboard intel VT (Virtualtation Technology) atau AMD-V.

- Memory RAM minimal 1 GB.
- Kapasitas hardisk minimal 20 GB.
- NIC (Network Interface Card) 

2. 1 buah mikrotik
3. 2 buah kabel utp (straight)
4. stop kontak (minimal 4 lubang)
5. 1 buah laptop
6. ISO dari proxmox dan debian yang sudah diburning, baik menggunakan cd atau flashdisk
7. sumber listrik
8. switch/hub
9. kabel UTP sesuai kebutuhan dilapangan.
10. monitor dan keyboard
11. Dan juga P3K.

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dilakukan dalam waktu 2-3 jam dalam tahap belajar mempersiapkan perencanaan serta persiapan yang matang.

6.TAHAP PELAKSANAAN

1.Siapkan  semua bahan yang telah tertera diatas.
2.selanjutnya pastikan PC yang kita gunakan masih berfungsi dengan normal,dan dapat berjalan dengan baik.
3.selanjutnya silahkan burning ISO nya jika belum tau silakan klik disini.
4.setelah itu pastikan listrik yang digunakan sesuai SOP.Serta alat-alat yang digunakan sesuai SOP.
5.Pastikan semua alat yang digunakan dapat berfungsi dengan baik.

6.Selanjutnya kita buat rencana apa saja yang akan kita buat setelah selesai meng-install server.Karena disini saya bertujuan install server untuk sekolah maka ada beberapa hal yang akan saya install yaitu aplikasi-aplikasi berbasis web seperti moodle,portal,owncloud,database dan lain-lain sesuai keinginan para admin.

7.Selanjutnya maksimalkan apa yang kita install agar menjadi server yang benar-benar bermanfaat  dan dapat digunakan.

8.Rencana selanjutnya adalah membuat topologi jaringan sesuai dengan keadaan di lapangan.Oleh karena itu sebelum memulai bekerja kita harus survey tempatnya.

9.lalu buat topologinya dan buat rincian tentang biaya dan waktu yang diperlukan.Serta buat program kerja yang pasti.

10.Lalu persiapkan fisik yang sehat agar dapat bekerja maksimal



7.HASIL

Saya dapat benar-benar siap baik secara alat maupun perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk membangun sebuah server dan dengan melakukan semua ini dapat meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi.

8.KESIMPULAN 

Seperti yang telah saya sampaikan diatas bahwa setiap akan melakukan suatu pekerjaan maka hal yang terpenting adalah membuat perencanaan atau planning yang benar-benar matang dan tentunya selalu berpegangan dengan SOP,karna jika kita tidak punya perencanaan yang jelas maka dapat dipastikan kita pasti menemui banyak kendala dalam tahap pengerjaan.

9.REFERENSI
-https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web
-http://203.130.243.185/data 



TERIMAKASIH 
TELAH BERKUNJUNG
SEMOGA BERMANFAAT


 


EmoticonEmoticon