Jumat, 14 Oktober 2016

WIRELESS REPEATER

Tags

Assalamualaikum wrwb..

Kali ini saya akan berbagi tentang apa itu wireless repeater dan bagaimana konfigurasi-nya.

1.PENGERTIAN

Wireless repeater adalah salah satu fitur baru mikrotik yang sudah bisa digunakan pada mikrotik v6.35 dan v6.36 yang sudah mendukung wireless rep.Fitur ini juga bisa dijalankan pada wireless router seri yang lain. Dengan syarat kita harus melakukan upgrade versi RouterOS ke v6.35 atau v6.36 dan menambahkan sebuah paket baru yaitu wireless-rep.Fitur ini berfungsi untuk memperkuat sinyal wifi walau dengan jarak yang jauh asal kan wifi dari hotspot induk tetap terdeteksi.

2.LATAR BELAKANG

Dengan semakin majunya teknologi maka itu juga diiringi akan kemajuan dari hardware-hardware atau perangkat  yang ada seperti mikrotik sehingga fitur-fitur didalamnya semakin canggih dan terbaru.Nah ini adalah salah satu contoh fitur terbaru adalah ini yang bisa anda coba.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Untuk menghubungkan banyak mikrotik dengan wifi to wifi dan kita  tidak perlu mengkonfigurasi IP untuk wireless repeater-nya.

4.ALAT DAN BAHAN

- 3 buah  mikrotik (sesuai topologi anda)
- Kabel straight
- koneksi internet

5.JANGKA WAKTU PENGERJAAN

Dapat dikerjakan dalam waktu 20-30 menit tergantung pemahaman masing-masing.

6.TAHAP PELAKSANAAN

- Topologi untuk wireless repeater kali ini:




-  Konfigurasi untuk  kedua mikrotik sama:

Jika versi mikrotik anda belum versi 6.35 atau 6.36 maka silahkan upgrade mikrotik anda,silahkan download file routerOS dan all packages disini. 
Selanjutnya masuk ke mikrotik anda dan buka menu file lalu silahkan drag and drop saja file routerOS yang sudah anda download tadi ke mikrotik.
Pastikan ruang penyimpanan mikrotik anda cukup.Setelah selesai loading lalu silahkan Reboot mikrotik anda.


Setelah itu masuk kembali maka versi mikrotik anda sudah terupgrade menjadi v6.36.


Setelah itu langsung ke menu Interface dan hidupkan interface Wlan1 dengan meng-klik tanda centang.


Setelah itu ke menu Wireless dan setting dengan mode "station bridge" dan settingan lainnya mengikuti settingan pada interface induk (R.Induk).


 Kemudain kita akan menambahkan sebuah interface wlan-virtual (VAP). Caranya pilih pada menu Wireless -> klik Add [+] -> Virtual. Dan contoh konfigurasinya adalah sebagai berikut:



Jika pada settingan virtual AP nya belum ada kolom pemilihan mode maka silahkan anda masukan Fitur wireless rep-nya.Sama dengan cara kita upgrade tadi.


Selanjutnya silahkan Buat interface Bridge untuk Wlan1 dan Wlan2 (Virtual AP),Caranya pilih menu:

Bridge --> Add (+) (setelah selesai klik Applay-OK)


Masih dimenu Bridge ke bagian Port.Silahkan masuk-kan interace yag ingin kita Bridge (Wlan1+Wlan2).


Setelah itu silahkan cek koneksi Wireless-Repeater kita apakah sudah muncul.Jika belum periksa kembali settingan anda dengan teliti.


Jika sudah maka anda bisa mengatur hotspot setup-nya seperti pengaturan hotspot biasa.Jika anda lupa cara setting hotspot silahkan klik disini.


7.HASIL DAN KESIMPULAN

Hal ini sudah saya uji di kost saya yang jaraknya sekitar 10-15 m dari mikrotik induk yang sinyal wifi-ny buruk.Namun dengan menggunakan wireless repeater maka sinyalnya pun menjadi full.Perhatian untuk teman-teman yang ingin mencoba fitur ini karena mikrotik tidak bisa mengakses browser maka Mac address dari mikrotik yang kita gunakan untuk wireless repeater harus dibinding dari mikrotik induk agar mendapat koneksi internet secara langsung.

8.REFERENSI

- http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=184

TERIMAKASIH
TELAH BERKUNJUNG
SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar so far

thanks gan, sangat bermanfaat ilmunya. Lanjutkan
deanwahyusyafrudin.blogspot.com


EmoticonEmoticon