Senin, 22 Agustus 2016

PEMBAHASAN OSI LAYER (HARI PERTAMA)

Tags













PEMBAHASAN OSI LAYER

Assalamualaikum wrwb..
 Kali ini saya akan kembali berbagi nih soal OSI LAYER 7.Mungkin sudah pernah saya bagikan di postingan saya sebelumnya namun kali ini adalah pendalaman dari OSI LAYER tersebut.










 
1.PENGERTIAN  

Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).

            Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok atau vendor. OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

         
   Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.

            Masalah utama dalam komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah karena mereka mengunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini, International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.

 2. LATAR BELAKANG

          Osi layer ini adalah hal utama yang harus diketahui oleh seorang admin.karena semua hal yang ada pada komputer dasarnya adalah berasal dari OSI LAYER.

3.PENJELASAN

-- OSI LAYER --
            Layer-layer tersebut disusun sedemikian sehingga perubahan pada satu layer tidak membutuhkan perubahan pada layer lain. Layer teratas (5, 6 and 7) adalah lebih cerdas dibandingkan dengan layer yang lebih rendah; Layer Application dapat menangani protocol dan format data yang sama yang digunakan oleh layer lain, dan seterusnya. Jadi terdapat perbedaan yang besar antara layer Physical dan layer Application.

           Terdapat 7 layer pada model OSI. Setiap layer bertanggung jawab secara khusus pada proses komunikasi data. Misal, satu layer bertanggungjawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara layer lainnya bertanggungjawab untuk mengoreksi terjadinya “error” selama proses transfer data berlangsung.

           Model Layer OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”. “Upper layer” fokus pada applikasi pengguna dan bagaimana file direpresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utama yang menjadi perhatiannya adalah pada “lower layer”. Lower layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan aktual.

           “Open” dalam OSI dalam OSI adalah untuk menyatakan model jaringan yang melakukan interkoneksi tanpa memandang perangkat keras/ “hardware” yang digunakan, sepanjang software komunikasi sesuai dengan standard. Hal ini secara tidak langsung menimbulkan “modularity” (dapat dibongkar pasang).

           “Modularity” mengacu pada pertukaran protokol di level tertentu tanpa mempengaruhi atau merusak hubungan atau fungsi dari level lainnya.

            Dalam sebuah layer, protokol saling dipertukarkan, dan memungkinkan komunikasi terus berlangsung. Pertukaran ini berlangsung didasarkan pada perangkat keras “hardware” dari vendor yang berbeda dan bermacam-macam alasan atau keinginan yang berbeda.

           Model referensi OSI secara konseptual terbagi kedalam 7 lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki fungsi sebagai berikut :


Hal-hal diatas harus benar-benar dipahami karena tanpa itu kita pasti akan kesulitan dalam pembelajaran.

REFERENSI :
https://images.search.yahoo.com/yhs/search;_ylt=AwrTcd3ZpL1XnTEAd4sPxQt.?p=OSI+LAYER&fr=yhs-ddc-linuxmint&fr2=piv-web&hspart=ddc&hsimp=yhs-linuxmint&type=__alt__ddc_linuxmint_com#id=22&iurl=http%3A%2F%2Frealitypod.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2011%2F08%2Fmodel-550x525.gif&action=click


Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.

Terimakasih 
 telah berkunjung


EmoticonEmoticon