Senin, 22 Agustus 2016

Pembukaan TRAINING CISCO CCNA DI BLC TELKOM KLATEN serta PENGENALAN SERTIFIKAT CISCO (HARI PERTAMA)

Tags

Pembukaan TRAINING CISCO DI BLC TELKOM serta pengenalan sertifikat CISCO

Assalmualaikum wrwb...

Kali ini saya akan berbagi tentang kegiatan saya saat hari pertama TRAINING CISCO CCNA di BLC TELKOM KLATEN.



Kegiatan ini berlangsung  selama seminggu,dan kegiatan ini adalah sesuatu hal yang sangat istimewa karna Training kali ini langsung dibimbing oleh instruktur cisco langsung dari NIXTRAIN Bandung.Jika kita ingin mengikuti kegiatan ini diluar lingkup formal atau bisa dikatakan ter-khusus maka kita harus mengeuarkan sekecil nya biaya Rp3.000.000,-00.Jadi kita disini merasa sangat beruntung karena dapat mengikuti Training ini secara gratis.

PEMBUKAAN TRAINING CISCO
    Pembukaan TRAINING kali ini langsung dibuka oleh Bapak DIDIK dan Buk Dwi yang merupakan perwakilan dari PT.telkom,beliau sengaja hadir karena untuk membuka training kali ini dengan semangat  sehingga para peserta training pun tambah semangat.





 

 

Semoga dengan adanya training kali ini membuka inspirasi bagi para siswa untuk dapat mendalami hal-hal yang berhubungan dengan komputer seperti cisco ini agar kita tidak menjadi generasi muda yang hanya menjadi konsumtif teknologi.

Pengenalan CISCO

Cisco adalah salah satu perusahan IT terbesar didunia khususnya di bidang produksi perangkat jaringan seperti switch, router, dll. Cisco memiliki sertifikasi khusus yang bisa digunakan sebagai bukti/pengakuan akan kualitas dan kompetensi seorang network administrator khususnya dalam mengoperasikan produk cisco.


        Saat ini, Cisco memiliki 5 tingkatan sertifikasi, dimulai dari tingkatan entry (CCENT), associate (CCNA), professional (CCNP), expert CCIE dan arsitek (CCAr). Dari masing-masing tingkatan sertifikasi tersebut dibagi menjadi beberapa bidang spesialis (konsentrasi) seperti network security, Service provider, routing and switching, storage networking, wireless, dll.

 
Tabel Sertifikat pada Cisco
SERTIFIKAT PADA CISCO
1. CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician)
      CCENT merupakan tingkatan sertifikasi cisco paling bawah. Pada sertifikasi ini kandidat diharapkan memiliki kompetensi untuk memasang, mengoperasikan dan troubleshoting jaringan enterprise berskala kecil. Secara garis besar, kurikulum yang ditawarkan meliputi networking fundamental, teknologi WAN, dasar keamanan jaringan dan konsep wireless, routing dan switching dan konfigurasi jaringan enterprise berskala kecil.

2. CCNA (Cisco Certified Network Associate)
       CCNA merupakan sertifikasi cisco tahap lanjutan dari CCENT. Selain memiliki syarat kompetensi pada sertifikasi CCENT. Kandidat yang telah lulus CCNA juga memiliki pengetahuan yang cukup komprehensif mengenai fundamental wireless networking, dasar-dasar keamanan jaringan, TCP/IP, VLSM, CIDR, RIP, EIGRP, OSPF, NAT, ACL, VLAN, dan koneksi WAN.
         Macam-macam spesialisasi dari CCNA antara lain: CCDA, CCNA Cloud, CCNA Collaboration, CCNA Data Center, CCNA Industrial, CCNA Routing and Switching, CCNA Security, CCNA Service Provider, CCNA Video, CCNA Voice, dan CCNA Wireless.

3. CCNP (Cisco Certified Network Professional)
       CCNP adalah tingkatan untuk professional, sertifikasi ini menyatakan bahwa pemiliknya telah memiliki pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menginstalasi, mengkonfigurasi, dan melakukan troubleshooting jaringan LAN/WAN dengan jumlah antara 100 sampai dengan 500 buah perangkat jaringan. Syarat untuk mendapatkan sertifikat CCNP adalah harus memiliki sertifikat CCNA terlebih dahulu.
        Macam-macam spesialisasi dari CCNP antara lain: CCDP, CCNP Cloud, CCNP Collaboration, CCNP Data Center, CCNP Routing and Switching, CCNP Security, CCNP Service Provider, CCNP Voice, dan CCNP Wireless.

4. CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)
         CCIE adalah tingkatan Expert, setiap orang yang memiliki sertifikat CCIE ini memiliki kemampuan expert  untuk mengatasi tantangan tertinggi dalam bidang networking. Macam-macam spesialisasi dari CCNP antara lain: CCDE, CCIE Collaboration, CCIE Data Center, CCIE Routing & Switching, CCIE Security, CCIE Service Provider, dan CCIE Wireless.

5. CCAr (Cisco Certified Architect)
         CCAr adalah tingkatan paling tinggi dari semua sertifikasi cisco. Sertifikat CCAr ini didesain untuk senior network infrastructur architects. Yang memiliki kemampuan/pengetahuan khusus tentang teknologi dan arsitektur infrastruktur cisco.
       Sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak Cisco untuk keenam macam sertifikat di atas memiliki masa validasi selama 3 tahun. Dalam proses men-sertifikasi ulang, Anda dapat mengikuti ujian ulangan lagi untuk sertifikasi yang sama atau mengambil sertikasi lain yang lebih tinggi atau sederajat. Contoh kasus, si A telah berhasil lulus CCNA pada awal tahun 2009 maka sertifikat CCNA-nya berlaku hingga akhir tahun 2011. Akan tetapi, pada tahun awal 2010, si A berhasil lulus CCNA Security sehingga sertifikat CCNA dan CCNA Security-nya disertifikasi hingga akhir tahun 2012.
REFERENSI:
https://images.search.yahoo.com/yhs/search;_ylt=A86.Jyddnb1Xz2kAO3cPxQt.?p=5+tingkatan+sertifikasi+cisco&fr=yhs-ddc-linuxmint&fr2=piv-web&hspart=ddc&hsimp=yhs-linuxmint&type=__alt__ddc_linuxmint_com#id=3&iurl=http%3A%2F%2Fwww.cisco.com%2Fweb%2Flearning%2Fimages%2Fpyramid_entry.png&action=click
Mungkin cuma itu pengalaman yang bisa saya sampaikan semoga dapat bermanfaat.
TERIMAKASIH  
SUDAH BERKUNJUNG


EmoticonEmoticon