Selasa, 09 Agustus 2016

PENGENALAN LINUX

PERINTAH-PERINTAH DASAR LINUX

10 Agustus 2016

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamualaikum wrwb


Selamat pagi kawan,kali ini saya akan membagikan sedikit tentang perintah-perintah dasar linux.

Tujuan agar memami sedikit tentang perintah-perintah dasar linux.

1.PENGERTIAN




Linux adalah nama sebuah sistem operasi (operating system) untuk PC yang bekerja secara Multitasking dan MultiUser. Linux bekerja secara multi tasking artinya dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, misalnya dapat bermain game sambil melakukan download dari internet. Linux bekerja secara Multiuser artinya Linux mendukung penggunaan aplikasi atau computer untuk melayani beberapa user sekaligus, misalnya sebuah program dapat digunakan bersama - sama pada jaringan network.

Linux sebenarnya adalah tiruan (clone) dari UNIX yang dirancang untuk dijalankan pada PC. Berbicara tentang UNIX, pada dasarnya sistem operasi ini bersifat portable (tidak tergantung pada perangkat keras tertentu) sehingga dapat digunakan mulai dari platform notebook hingga supercomputer. Demikian pula halnya Linux,sistem operasi ini sudah sangat popular dan banyak diminati para professional.

Di sisi lain UNIX adalah sistem operasi komersial yang mahal. Pada awalnya UNIX diciptakan untuk computer besar seperti Mainframe dan supercomputer. Versi UNIX untuk PC merupakan modifikasi lanjutan dari versi aslinya. Karena itu versi UNIX untuk PC biasanya membutuhkan spesifikasi computer yang besar dan  momboroskan ruang harddisk, sehingga UNIX kurang efisien untuk PC. Hal ini yang membuat tiruan UNIX untuk platform PC , diantaranya Minix dan Linux.Sebagai sistem operasi, Linux memiliki berbagai keunikan dan kelebihan yang tidak dimiliki sistem operasi lainnya. Dan yang paling khas ialah Linux merupakan Free software.

Perkembangan sejarah dan Versi Linux Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, Linus Torvalds,yang sebetulnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama –sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap. Linus Torvalds terinspirasi oleh diciptakannya minix -sistem tiruan UNIX sederhana yang dibuat Andy tanenbaum.


Lingkungan sistem operasi Linux mencakup ratusan program, termasuk kompiler, interpreter, editor dan utilitas. Perangkat bantu yang mendukung konektifitas, 25 ethernet, SLIP dan PPP dan interoperabilitas. Produk perangkat lunak yang handal (reliable), termasuk versi pengembangan terakhir. Kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia.


 Mengapa Menggunakan Linux

Dengan GNU GPL Linux menawarkan sebuah sistem operasi sekelas UNIX dengan biaya yang relatif murah. Terutama bagi perusahaan dengan kapital kecil Linux memberi angin segar terhadap investasi perangkat lunak yang dibutuhkan.

 Linux yang tak berbiaya tinggi ini bukan berarti tanpa menganut asas legalitas. Banyak distribusi Linux yang membolehkan para penggunanya untuk menggandakan tanpa perlu membayar lisensi. Sehingga kita memperoleh produk terbaik dengan tetap menjaga aspek hukum dengan tidak membajaknya.

Dengan  fasilitas yang dimiliki  Linux, maka  Linux merupakan  alternatif  sistem  operasi yang   patut   dilihat   dan   diperhitungkan   selain   sistem   operasi   lainnya   seperti   DOS, Windows95, Windows NT, UNIX, SunOS, atau Macintosh.

Bagi   pengguna   UNIX,   Linux   dapat   menjadi   personal   UNIX   yang   digunakan   sebagai sarana pemrograman termasuk pemrograman database dan XWindow. 4

Bagi   mahasiswa,   Linux   merupakan   sarana   yang   dapat   digunakan   untuk   mempelajari lingkungan UNIX sebagai pengetahuan awal sehingga bisa memudahkan dalam adaptasi terhadap  sistem  yang  biasa  digunakan  oleh  perusahaan  skala besar  tersebut. Selain   itu dengan tersedianya source, mereka dapat melakukan eksperimen dan penelaahan apa saja dalam praktikum.

Bagi perusahaan skala kecil dan menengah, Linux dapat menghemat biaya investasi UNIX dengan kemampuan yang hampir sama dengan operating system lain yang sudah ada yang harganya   relatif   mahal.   Desktop   dan   aplikasi   office   yang   lengkap   dapat   dimanfaatkan sebagai alternatif (kalau tidak boleh dikatakan pengganti) dari sistem operasi yang sering terkena virus.

 Kemampuan Sistem Linux
Multiuser   (bisa   digunakan   oleh   banyak   user),   meski   dalam   sebuah   PC   pada   saat bersamaan.

Kemampuan OS menangani banyak user secara simultan baik pada aplikasi yang sama maupun aplikasi yang berbeda.

Multitasking (bisa melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan) 
Kemampuan OS menangani sejumlah pekerjaan (task) secara simultan.

Kernel 5   Linux   merupakan   kernel   modular   dimana   dapat   dikonfigurasi   dengan   modul­.

modul   (berupa  device   driver)  pluggable  yang   dapat   dipasang   atau   dilepas   sesuai kebutuhan. Hal ini membuat kernel Linux menjadi kecil dan ringkas, menghemat memori yang digunakan kernel sehingga bisa digunakan untuk alokasi memori aplikasi.

Dukungan lengkap terhadap aplikasi jaringan berbasis TCP/IP seperti telnet, ftp, dan web. Linux  menyediakan juga  driver  untuk Ethernet, PPP, ISDN, radio, bahkan  frame  relay connections.

Pada  platform  Intel,  Linux  menggunakan   mode  protected 6 ,  model  penggunaan   memori secara  flat  (tanpa   segmentasi),  demand   paging,  virtual   memory.  Sehingga  penanganan program dan data berukuran besar menjadi lebih baik.

Linux menggunakan  shared library 7   pada file­file executable sehingga ukuran program menjadi kecil. 

 Hampir semua  utility  (program) UNIX telah di  port  ke Linux sehingga para pengguna UNIX dapat menemukan aplikasi yang sama seperti yang biasa mereka gunakan di UNIX. Perintah dasar (ls, more, cat) pada UNIX terdapat pula pada Linux.

Pengguna DOS dapat memanfaatkan uitility yang dibuat mirip dengan aplikasi yang biasa ditemui pada sistem operasi DOS seperti dir, nc, bahkan format ­ dimana pada Linux menjadi mdir, mc, dan mformat

Pengolah   kata   (wordprocessor):  vi,  emacs,  joe  (mirip   WordStar),  pico  dan   yang berbasis grafis seperti StarOffice 8  dan WordPerfect
 Document processing: groff, LaTex 9 

 Bahasa   pemrograman   (language):   Pascal,   C,   C++,   Modula,   Ada,   Fortran,   BASIC, Smalltalk, Eiffel, Lisp, Java, Scheme, Oberon, Perl, Tcl/Tk, Python, Sather
 Disain grafis: Gimp (mirip AdobePhotoshop), xfig (untuk flowchart)
 Internet: pine, kmail, ftp, telnet, ssh 10 , netscape, lynx 11
 Database:DBase, MySQL, PostgreSQL, InterBase, DB2, Informix, Sybase dan Oracle 


 Struktur System Linux
 

1. Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman. Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing. Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam.
2. Shell adalah penterjemah (command line interpreter). Pada Linux disebut sebagai terminal. Perangkat lunak inilah yang menjadi jembatan antara user dengan sistem linux.User cukup memberikan perintah dan shell yang akan menanganinya. Shell, baik di linux maupun di UNIX digunakan untuk interaksi antara user dengan komputernya termasuk juga dalam mengontrol session UNIX dan pemrograman (scripting). UNIX shell menyediakan sekumpulan instruksi khusus yang dapat digunakan untuk membuat program shell script .Ada beberapa jenis shell yang umum ditemukan dalam distro Linux, yakni : Bash dan tcsh.
3. Aplikasi (aplication software) adalah program-program yang dibuat oleh user, untuk memenuhi kebutuhuannya sendiri. Program-program ini dapat dibuat dengan menggunakan sejumlah utilitas, perintah built-in milik shell, atau dibangun dengan bahasa pemrograman seperti C, COBOL,atau Phyton dan berbagai development tool seperti oracle dan Informix.Bisa juga berupa program pake yang dibeli dari pemasok perangkat lunak.

 File System Linux

/ – root(File System) direktori yang membentuk basic sistem file. Semua file dan direktori secara logic berada di dalam root direktori ini walaupun dari lokasi yang berbeda.
/bin – Memuatkan program arahan yang merupakan sebagian dari sistem operasi Linux.Banyak perintah Linux seperti cat, cp, ls, more, dan tar terletak pada /bin.
/boot – Memuatkan Linux Kernel dan file lain yang diperlukan LILO dan GRUB boot manager.
/dev – Memuatkan semua file penting. Linux melakukan semua operasi utama komputer seperti sebuah file yang special. Semua file seperti ini terletak di /dev.
/etc – Memuatkan semua sistem konfigurasi file dan skrip installation pada /etc/rc.d sub direktori.
/home – Direktori Home menyimpan semua direktori home user.
/lib – Memuatkan file library, termasuk modul driver yang dapat diisi pada sistem boot.
/media – Direktori untuk mounting removable media seperi drive CD-ROM, floopy disk dan zip drive.
/mnt – Direktori untuk mounting file sistem sementara.
/opt – Data – data instal / copy untuk aplikasi opsional .
-9-/proc – Direktori istimewa untuk sistem file virtual. Ia mencakupi informasi mengenai berbagai aspek sistem Linux.
/root – Direktori Home untuk root user.

/sbin – Memuatkan file administration yang dapat diakses seperti mount, shutdown,umount.
/srv – Memuatkan data untuk layanan (HTTP, FTP, etc.) yang ditawarkan oleh sistem.
/sys – Direktori special yang memuatkan informasi mengenai hard disk seperti yang dilihat melalui Linux.
/tmp – Direktori yang digunakan untuk menyimpan data sementara. Isi dari direktori ini dibersihkan setiap kali sistem boot.
/usr – Memuatkan sub direktori untuk pelbagai program seperti sistem X Windows.
/usr/bin – Memuatkan file yang dapat diakses untuk pelbagai perintah Linux yang bukan merupakan sebahagian dari OS Linux.
/usr/include – Memuatkan file – file header dari bahasa program C dan C++.
/usr/lib – Memuatkan file – file library untuk bahasa C dan C++.
/usr/local – Memuatkan data lokal. Ia mengadung direktori yang sama seperti /usr.
/usr/sbin – Memuatkan perintah – perintah administration.
/usr/share – Memuatkan data yang digunakan oleh banyak user sekaligus, seperti file konfigurasi default, gambar dan dokumen.
/usr/src – Memuatkan source code untuk Linux kernel.
/var – Memuat berbagai sistem file seperti log, direktori mail, print dan lain – lain. Yang sering kali berubah kandungannya.
/var/lib – Memuatkan informasi tentang status aplikasi – aplikasi yang ada. Aplikasi memodifikasi direktori ini semasa melakukan sesuatu kerja.

perintah-perintah dasar linux
1.sudo su

digunakan untuk login sebagai root/pengguna tertinggi

sintaks: sudo  su

2.root

digunakan untuk login sebagi root

sintaks: root

3.login

digunakan untuk login sebagai user lain,namun harus menjadi root terlebih dahulu untuk bias menjalankan perintah ini.

Sintaks: login  nama_user

4.cd (change directory)

digunakan untuk berpindah directory/folder

sintaks: cd  alamat_directory

contoh: cd   /etc/network

5.pwd

digunakan untuk memperlihatkan direktori mana posisi kita berada

sintaks : pwd

6.ls(list)

digunakan untuk melihat isi sebuah direktori

sintaks: ls

7.mv(move)

digunakan untuk memindahkan,cut atau rename file

sintaks: mv /directory/nama_file_asal /nama_file_baru

contoh : mv  /etc/file1.txt  file2.txt        >>>rename file

mv  /etc/file1.txt  /var/www              >>>cut file

8.mkdir(make direktori)

digunakan untuk membuat folder baru

sintaks: mkdir  nama_folder

contoh: mkdir  folder1

9.rmdir(remove direktori)

digunakan untuk menghapus folder

sintaks: rmdir  nama_folder

contoh: rmdir  folder1



10.touch

digunakan untuk membuat file baru

sintaks: touch nama_file

11.rm(remove)

digunakan untuk menghapus file

sintaks: rm  file1.txt

12.more

digunakan untuk menampilkan isi sebuah file

sintaks: more  nama_file

13.echo

digunakan untuk menuliskan sesuatu kata atau kalimat ke sebuah file

sintaks: echo  “isi pesan”   nama_file

14.aduser

digunakan untuk menambah user baru

sintaks: adduser  nama_user

deluser

digunakan untuk menghapus user dari system

sintaks:  deluser  nama_user

15.addgroup

digunakan untuk menambahkan group baru

sintaks: addgroup  nama_group

16.lsusb

digunakan untuk melihat perangkat usb yg sedang terkoneksi kekomputer

sintaks: lsusb

17.lpci

digunakan untuk melihat perangkat PCI yang sedang terkoneksi

sintaks :lpci

18.lshw

digunakan untuk melihat hardware computer

sintaks: lshw

19.dmesg

digunakan untuk melihat hardware yang sedang beraktifitas

sintaks: dmesg

20.top

digunakan untuk  melihat proses yg sedang berjalan seperti task manager di windows

sintaks: top

21.cpuinfo

digunakan untuk melihat spesifikasi computer

sintaks: cpuinfo 

22.meminfo

digunakan untuk melihat status RAM

sintaks: more /proc/meminfo

23.clear

digunakan untuk membersihkan layar

sintaks: clear

24.halt

digunakan untuk mematikan computer(harus sebagai root)

sintaks:  halt

25.reboot

digunakan untuk  merestart computer(harus sebagai root)

sintaks: reboot

26.exit

digunakan untuk  keluar dari terminal

sintaks:exit

27.wget

digunakan untuk   mendownload via terminal

sintaks : wget  link_download

28.ifconfig

digunakan untuk melihat konfigurasi Ethernet/kartu jaringan

sintaks : ifconfig

29.apt-get

digunakan untuk memperoleh paket/software dari repository ubuntu secara online

sintaks: apt-get nama_paket

contoh: apt-get install dhcp3-server

30.tar

digunakan untuk melakukan ekstrack file

sintaks: tar [parameter] nama_file

31.nautulis

digunakan untuk membuka tampilan GUI secara langsung

sintaks: nautulis

contoh: sudo nautulis                             >>>menggunakan mode GUI dgnstatus root)

32.df-h

digunakan untuk melihat sisa kapasitas harddisk

sintaks: df-h

33.who

digunakan untuk melihat nama login kita

sintaks: who

34.cat

digunakan untuk membuka file

sintaks : cat  nama_file

35.date

digunakan untuk melihat tanggal

sintaks: date

36.cal

digunakan untuk melihat kalender

sintaks :cal

37.hostname

digunakan untuk menampilkan nama computer

sintaks: hostname

38.free

digunakan untuk free memori

sintaks : free

39.history

digunakan untuk melihat perintah apa saja yg pernah di ketik

sintaks: history

40.chomod +X

digunakan untuk mengekstrak file menjadi bagian dari system




 Distribusi Linux (Distro Linux)
Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux.Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain.

Ada banyak distribusi atau distro Linux yang telah muncul. Beberapa bertahan dan menjadi distro besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro turunan, antara lain Ubuntu,Knoppix, Xandros, DSL, dan sebagainya.Untuk mendapatkan distro linux, anda dapat mengunduh langsung dari situs distributor distro bersangkutan, mengunduhnya dari mirror lokal (misalnya untuk mirror lokal Indonesia pada Data Utama) atau membelinya dari penjual lokal.


 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2karn17SLpFiYxhu6bCP2WDalEgH13qYjetzLU5Bi3dBdZImozMCw89AT605ELUB7ia6RE9ENb-7zDwoK6cHhvUyBuL6qdt7Rqo7nCkFdwZQCyx6VzZg2n5uEKX2k4DWlv0Ce_KyNjWo/s1600/linuxdistrotimeline.jpg


Beberapa jenis distro linux yang sering digunakan untuk keperluan Sehari-hari dan sudah saya gunakan:

1.Ubuntu
Ubuntu adalah distro Linux turunan Debian yang dikembangkan dengan tujuan utama menjadi distro Linux destop yang mudah digunakan dengan rilis stabil setiap 6 bulan sekali. Ubuntu berasal dari kata dalam bahasa Afrika Kuno ubuntu yang maknanya kemanusiaan untuk semua (humanity towards others). Ubuntu sangat populer karena kemudahannya dan dukungan komunitas yang besar. Ubuntu berkomitmen akan selalu gratis dan didistrisbusikan sebagai perangkat lunak bebas sumber terbuka (free and open source software). Ubuntu populer dengan sistem manajemen paket yang sangat anggun bernama apt (Advanced Package Tool) yang diwarisi dari Debian. Sistem manajemen paket ini otomatis mencarikan dependensi untuk suatu aplikasi yang akan diinstal dan menginstalkannya dari repositori ke sistem. Ubuntu selain memiliki apt yang amat praktis, juga mewarisi dpkg (Debian Packager).Ubuntu juga mewarisi katana bernama Synaptic yang merupakan tampilan grafis untuk apt yang mampu mempermudah pemakaian apt sehingga pengguna bisa cari cawang install program dengan sangat gampang. Synaptic menjadi aplikasi yang diandalkan untuk instalasi program di Ubuntu. Tidak cuma mewarisi, Ubuntu juga punya Ubuntu Software Center yang jauh lebih intuitif daripada Synaptic dengan kemudahan dan kesederhanaan sekali klik untuk instal. Ubuntu adalah hasil kolaborasi raksasa tim pengembang dari Canonical dan pengguna di seluruh dunia baik melalui dunia nyata  maupun melalui internet. Ubuntu tersedia dalam versi destop, server, dan netbook; arsitektur yang didukung 32 bit dan 64 bit; dan mendukung lebih dari 55 bahasa termasuk Indonesia.

2.Debian GNU/Linux

Debian adalah distro Linux buatan Ian Murdock yang populer akan kestabilannya. Debian merupakan induk dari Ubuntu, Knoppix, Linux Mint, MEPIS, Dream Linux, Damn Small Linux, dan lain-lain. Nama Debian merupakan gabungan dari Debra (kekasih yang kemudian jadi istri) dan Ian. Debian dibuat sebagai bentuk ketidakpuasan Ian terhadap distro SLS yang ada ketika itu. Debian diharapkan menjadi distro yang mewarisi filosofi Free Software dan Linux and GNU spirit. Debian merupakan distro teladan dalam hal ketatnya lisensi GPL yang digunakan. Ia juga teladan yang baik dikarenakan sangat dekatnya ia dengan filosofi Free Software. Debian lebih cenderung populer untuk server daripada untuk destop meskipun versi destopnya 33juga baik. Debian dikenal punya instaler raksasa (8 DVD atau 52 CD untuk Debian 6 Squeeze) yang menjadikannya lebih mudah bagi programer. Debian dikenal pula memiliki siklus rilis yang santai yaitu 2 tahun sekali –pernah 3 tahun sekali –dengan filosofi 'rilislah kalau sudah siap betul'. Nama-nama rilis Debian diambil dari tokoh-tokoh animasi Toy Story semisal Lenny. Instaler Debian macam-macam: CD, DVD, netins [3][4] (ISO CD/DVD/flash disk untuk instal Debian dari internet atau LAN)[5]. Arsitektur yang didukung di antaranya amd64,armel,kfreebsd-i386,kfreebsd-amd64,i386,ia64,mips,mipsel,powerpc.




3.Linux Mint


Distro turunan Debian dan Ubuntu yang disebut-sebut sebagai distribusi Linux out of the box. Mint berasal dari Irlandia. Adalah Clement Lefebvre sebagai bapak Mint. Tujuan Linux Mint adalah memproduksi sistem operasi yang modern, elegan, dan nyaman yang powerful sekaligus mudah digunakan. Mint merupakan salah satu distro paling populer di dunia bersama Ubuntu. Mint menyertakan codec multimedia dalam CD instalasinya sehingga pengguna dapat langsung memutar MP3 dan Adobe Flash. Mint memang beda dengan distro lain ketika ia memiliki tim tersendiri untuk membuat aplikasi-aplikasi khusus untuk Mint. Mint memiliki manajer paket tersendiri (beda dengan Ubuntu), cara instal sendiri, manajer pembaruan sendiri (juga beda dengan Ubuntu), domain blocker (memblokir situs internet tertentu), menu utama sendiri (juga beda), peralatan backup (ini tidak ada di Ubuntu), manajer unggah ( upload manager; tidak ada di ubuntu), sebuah pengatur destop (Ubuntu punya tapi terpecah-pecah), dan layar pembuka yang juga beda. Mint punya sistem instal program yang beda, yaitu pengguna bisa melihat keseluruhan program yang tersedia di Mint Software Portal (baca: repositori) secara luring/offline.lalu pilih dan instal. Program yang bisa diinstal di Ubuntu juga bisa diinstal di Mint. Mint pun sanggup menggunakan repositori Ubuntu maupun menginstal dari GetDeb. Semua fiturnya anggun dan sangat memudahkan pengguna. Standar penamaan rilis distro Linux Mint unik: nama perempuan urut abjad. Mint tersedia dalam LiveCD dan  LiveDVD dengan dukungan arsitektur 32 bit dan 64 bit. Slogan Mint yang terkenal adalah 'from freedom came elegance.

4.Linux Blankon

Blankon adalah distro turunan Ubuntu yang dibuat oleh anak-anak Indonesia dengan sasaran pengguna di Indonesia. Filosofi Blankon adalah harapan perubahan pengguna dari 0 (kosong) menjadi 1 (berisi). Blankon adalah distro dengan sifat serba ada-sederhana (simple-allinone) maksudnya sederhana cukup 1 CD instaler dan sudah bisa macam-macam pekerjaan umum di Windows ketika dipakai. Blankon dilengkapi fitur multimedia, dukungan penulisan aksara daerah (aksara Bali, Sunda, Lontara, Batak Toba, Rejang, dan Jawa), Blankon Panel buatan Tim Blankon, menggunakan tampilan Bahasa Indonesia untuk sosialisasi istilah komputer, dan lain-lain. Blankon adalah distro Linux Indonesia yang hidup dengan napas nasionalisme. Blankon juga tersedia dalam versi Sajadah (Islami). 32 Sedikit kutipan dari situs resminya:

“Pengembangan BlankOn bukan semata-mata ingin membuat distribusi Linux baru, namun lebih dimotivasi oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam kemampuan pengembangan perangkat lunak bebas/terbuka. Yang pada hakikatnya merupakan salah ciri khas bangsa Indonesia yang memiliki semangat bergotong-royong.“.





 REFERENSI

https://www.google.com/search?q=turunan+distro+linux&source=lnms&

tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjA6qn_5rXOAhUUUI8KHdCLBCsQ_AUICCgB&biw=1360&bih=611#imgrc=A0vvu-K4u6u04M%3Ahttps://itsystemid.blogspot.co.id/2013/12/perintah-perintah-dasar-linux.html

http://203.130.243.185/data/eBook%20TKJ/Buku%20Konfigurasi%20Debian%20Server_Ver_BLC-Telkom.pdfhttp:

//203.130.243.185/data/index.php?dir=eBook%20TKJ/&file=Buku%20Perintah%20Dasar%20di%20Linux.pdf.zip



Sekian yang dapat saya bagikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan 
SELAMAT MEMBACA.

                                                   TERIMAKASIH





EmoticonEmoticon