Jumat, 12 Agustus 2016

MANAJEMEN PROYEK

MANAJEMEN PROYEK

12 Agustus 2016

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamualaikum WrWb...

Selamat sore kawan kali ini saya akan membahas tentang manajemen proyek.

Tujuan agar dapat mengetahui konsep dalam membuat suatu proyek dan hal-hal apa saJa yang perlu diperhatikan.

PENGERTIAN



Managemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek.

Sebuah proyek adalah unik, usaha sementara yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang direncanakan, yang dapat didefinisikan dalam hal keluaran, hasil atau manfaat. Sebuah proyek biasanya dianggap sukses jika mencapai tujuan sesuai dengan kriteria penerimaan mereka, dalam skala waktu dan anggaran yang disepakati.

 

 
Investasi dalam manajemen proyek yang efektif akan memiliki sejumlah manfaat bagi kedua organisasi tuan rumah dan orang-orang yang terlibat dalam memberikan proyek. Itu akan:

  • memberikan kemungkinan yang lebih besar untuk mencapai hasil yang diinginkan;
  • memastikan penggunaan nilai efisien dan terbaik dari sumber daya;
  • memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pemangku kepentingan proyek.

Kompetensi Yang Harus Dimiliki Seorang  manajer  proyek

 


 

Seorang manager proyek merupakan seorang professional dalam bidang manajemen proyek. Manajer proyek memiliki tanggung jawab untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan penutupan sebuah proyek yang biasanya berkaitan dengan bidang industri kontruksi, arsitektur, telekomunikasi dan informasi teknologi. Untuk menghasilkan kinerja yang baik, sebuah proyek harus dimanage dengan baik oleh manajer proyek yang berkualitas baik serta memiliki kompetensi yang disyaratkan. Seorang manajer proyek yang baik harus memiliki kompetensi yang mencakup unsur ilmu pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill) dan sikap (attitude). Ketiga unsur ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proyek. Sebuah proyek akan dinyatakan berhasil apabila proyek dapat diselesaikan sesuai dengan waktu, ruang lingkup dan biaya yang telah direncanakan. Manajer proyek merupakan individu yang paling menentukan keberhasilan / kegalan proyek. Karena dalam hal ini manajer proyek adalah orang yang memegang peranan penting dalam mengintegrasikan, mengkoordinasikan semua sumber daya yang dimiliki dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kenberhasilan dalam pencapaian sasaran proyek. Untuk menjadi manajer proyek yang baik, terdapat 9 ilmu yang harus dikuasai. Adapun ke sembilan ilmu yang dimaksud antara lain :
  1. Manajemen Ruang Lingkup;
  2. Manajemen Waktu;
  3. Manajemen Biaya;
  4. Manajemen Kualitas;
  5. Manajemen Sumber Daya Manusia;
  6. Manajemen Pengadaan;
  7. Manajemen Komunikasi;
  8. Manajemen Resiko;
  9. Manajemen Integrasi.

 

Seorang manajer proyek yang baik juga harus mempersiapkan dan melengkapi kemampuan diri sendiri yang bisa diperoleh melalui kursus manajemen proyek. Adapun panduan referensi standart internasional yang kerap dipergunakan dalam bidang manajemen proyek adalam PMBOK (Project Management Body Of Knowledge). Setelah seorang manajer proyek dirasa cukup menguasai bidang pekerjaan yang sedang dijalani, maka disarankan untuk dapat mengambil sertifikasi manajemen proyek. Mereka yang berhasil mendapatkan sertifikasi ini akan memperoleh gelar PMP (Project Management Professional) dibelakang namanya sebagai bukti dimilikinya kemampuan terkait.


PRINSIP  MANAJEMEN PROYEK


 
 Penerapan, pengetahuan, ketrampilan, ‘tools and techniques’ (perangkat/alat bantu dan teknik-teknik) pada aktivitas-aktivitas proyek agar persyaratan dan kebutuhan proyek terpenuhi. Proses-proses manajemen proyek dikelompokkan dalam lima kelompok, yaitu:

1. Proses inisiasi (intiation process).

2. Proses perencanaan (planning process).

3. Proses pelaksanaan (executing process).

4. Proses pengontrolan (controlling process).

5. Proses penutupan (closing process).
 
 
Mungkin  itu  yang bisa saya bagikan jika ada yang  kurang   jelas   boleh   cari  di  google             .
 
                                                                                                                                                                                                            TERIMAKASIH                                                            
 
REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek

https://translate.googleusercontent.com/translate_c?depth=1&hl=id&prev=search&rurl=translate.google.com&sl=en&u=https://www.apm.org.uk/WhatIsPM&usg=ALkJrhhJpy8npJNOdT_7WpXFPCwYhhydEw


EmoticonEmoticon